Pertanyaan oleh Chelsea - chelsea.rarung@gmail.com
Spertinya pemerintah kurang memperhatikan pendidikan yang ada didaerah minahasa. Bagaimna daerah ini dpat memajukan sumber daya manusia yg ada jika pemerintah kurang memperhatikan pendidikan masyarakatnya. Apakah pemerintah daerah sini menyediakan beasiswa? Saya dngr teman saya dari daerah minsel mereka mendapatkan bantuan beasiswa. Apakah di daerah minahasa ada? Mohon kepastiannya. Tolong pemerintah hanya memperhatikan msalah2 besar saja. Tolong diperhatikan juga masalah2 kecil
- belum ada jawab -
Pertanyaan oleh heart - hansidenpolii@gmail.com
apakah Pemerintah punya JDIH Minahasa yang dapat diakses secara online? Thanks.
- belum ada jawab -
Pertanyaan oleh ari - arirorimpandei11@gmail.com
1) Data peserta Kartu keluarga orang tua saya baru di ubah, yang dari 6 orang jadi 4 orang dikarenakan ada yang sudah berkeluarga. 2) Orang tua saya termasuk peserta BPJS yang di tanggung pemerintah kelas 3. pertanyaan saya. Bagaimanah cara untuk merubah menjadi peserta BPJS kelas 1 mandiri dengan kartu keluarga yang telah berubah?? Terimakasih.
- belum ada jawab -
Pertanyaan oleh Ardi akbar wijaya - Ardiakbarwijaya@gmail.com
Saya mencoba menghubungi dinas kesehatan minahasa via telepon tapi tidak di angkat, saya ingin menyampaikan keluhan saya tentang banyaknya mahasiswa jurusan biologi fakultas MIPA UNIMA yang mengalami sakit hepatitis berdasarkan keterangan rumah sakit umum daerah sam ratulangi serta mereka mengatakan bahwa terdapat makanan tidak sehat yang di jual di kawasan FMIPA, untuk itu saya mohon untuk melakukan pengecekan agar mengurangi jumlah mahasiswa yang terkena dampak
- belum ada jawab -
Pertanyaan oleh Maxie Hendrik Albert Liando - maxieliando@gmail.com
Selasa, 14 Mei 2019, 10.21 PM. Apakah pemkab Minahasa memiliki program yang berkaitan dengan pengentasan pengangguran? Jika ada, apakah termasuk dengan bantuan modal bagi warga masyarakat Minahasa yang ingin memulai suatu usaha/bisnis tapi terkendala masalah modal untuk usaha/bisnis yang ingin dijalaninya?
- belum ada jawab -
Pertanyaan oleh Corky - killer.corky@yahoo.com
Oknum Lurah Rerewokan tidak menyetor pbb dr tahun 2015. Hal ini baru saya ketahui hari ini setelah saya coba melakukan Pembayaran pbb sendiri di dispenda minahasa untuk pbb thn 2019. Dan ternyata saya diberitahu bahwa pbb saya bom disetor dr thn 2015. padahal tiap tahun lurah selalu menagih pembayaran dan saya diberikan bukti pelunasan pbb dr oknum lurah tsb. Ternyata bukti yg diberi itu tdk berlaku. Apakah tidak ada tindakan Yg bs dilakukan pemda minahasa terkait hal ini?
- belum ada jawab -
Pertanyaan oleh Stanley Buyung - st_fby@yahoo.co.id
Apakah sumbangan dari Bupati 50juta untuk kebakaran asrama pria sekolah Advent Tompaso untuk sekolah atau siswa sebagai korban kebakaran? Anak saya salah satu korban dan hanya tersisa baju di badan.
- belum ada jawab -
Pertanyaan oleh Divine Valley Pattiruhu, S.Pd - divinepattiruhu77@gmail.com
Syalom Selamat Malam.. Maaf Mengganggu... Mau tanya ? Tadi saya antar orang tua di UGD Rs Samratulangi tondano. Ketika di bagian administrasi, saya memberikan KTP dwn BPJS atas nama Butje Pattiruhu.. Tetapi dari recepsion mengatakan BPJS nya belum dibayar.. tetapi dua minggu kemaren dengan kejadian yang sama dwn orwng yang sama, BPJS nya masih aman-aman... Dan bulan desember tahun lalu, papa saya ada rawat nginap. Dan BPJS nya juga aman aman.. Mohon Pentunjuknya... Terima kasih.. Selamat Malam Syalom.

Dijawab oleh BPJS TONDANO

Silakan hubungi no.wa +62 816-237-990 Terima kasih


Pertanyaan oleh Riz - riz@gmail.com
Kami warga Kec. Kawangkoan / Utara sudah 4 hari tidak menikmati pelayanan PDAM Minahasa... Kiranya pihak tekait terlebih PDAM bisa menanggapi. Terima kasih.
- belum ada jawab -
Pertanyaan oleh Kristian - kristiankatili7@gmail.com
Apakah ada bantuan dana bagi mahasiswa yang mengikuti kegiatan nasional dan mewakili nama kabupaten?
- belum ada jawab -
Pertanyaan oleh Kristian - kristiankatili7@gmail.com
Selamat malam pak Bupati dan Wakil Bupati
- belum ada jawab -
Pertanyaan oleh Kristian - kristiankatili7@gmail.com
Selamat malam pemerintah kabupaten minahasa
- belum ada jawab -
Pertanyaan oleh Norein kapoh - nkapoh77@gmail.com
Siang pak,cuma mo minta peninjauan kembali tentang data tenaga honorer di DISHUB Minahasa atas pembagian honor yang tidak merata...yang tidak bekerja keluar SK dibayar gaji 2.800.000 sedangkan yang hujan panas di jalan menagih PAD di bayar upah 600.000 kami memiliki bukti nama2 yang tidak bekerja.terima kasih atas perhatiannya Tuhan memberkati
- belum ada jawab -
Pertanyaan oleh Royke Kawung - roykekawung21@gmail.com
Istri saya ornag merah dan telah bertahun tahun kerja di dinas perdagangan sebagai honorer.Dan skrng knpa istri saya tdk mendapat SK Bupati padahal jls kami mendukung bapak dri saat pertama kali bpk mencalonkan diri sebagai bupati sampai skrng?tetapi knp istri saya yg jdi korban?pdhl sesama warnah.Bgtu politik skrng?apakah ini yg d mksud keadilan???yg dkt api lebih di untungkan padahal satu warnah.Kami sangat kecewa dgn kptusan ini
- belum ada jawab -
Pertanyaan oleh Preyshe - preyshekawung@gmail.com
Selamat siang.. saya mahasiswa arsitektur, saat ini saya mendapat tugas untuk merancang galeri seni dan saya ingin mengambil tapak di daerah Tondano. Saya memerlukan data tentang peraturan tata ruang yang ada di kabupaten Minahasa seperti KLB, KDB dan KDH berdasarkan peraturan yang ada. Apakah ada peraturannya? karena saya sulit mendapatkan data tersebut. Sekian dan terimakasih.
- belum ada jawab -
Pertanyaan oleh Silvia Sumanti - silviaelinasumanti22@gmail.com
Minahasa semakin Hebat...yes
- belum ada jawab -
Pertanyaan oleh Donny Richard Monintja - donnymonintja0@gmail.com
apakah tidak ada pengangkatan THL di kantor kecamatan dan di kantor kelurahan di semua kecamatan yang ada di kabupaten Minahasa?
- belum ada jawab -
Pertanyaan oleh GEOFFREY GERALDO RORING - roring.geraldo@yahoo.com
Saya berasal dari Desa Leilem Kec.Sonder Saya sudah hampir 1 tahun mengurus kartu keluarga, setelah saya daftarkan anak saya di BPJS, petugas BPJS bilang, kartu keluarga saya belum didaftar online... Saya cari alamat website/media sosial/dll lewat internet tidak ada untuk Disdukcapil, sy tanya di call center telkom 108 akhirnya dapat juga nomor teleponnya (0431321794 & 0431324053) tapi nomornya yg pertama tdk bisa sambung, nomr yg kedua tdk diangkat. Tolong ditindaklanjuti dan diteruskan ke instansi yang besangkutan. Kalau seperti ini jelek sekali pelayanannya...

Dijawab oleh Dinas Dukcapil

Untuk masalah  ini mohon dapat mengirimkan atau membawa ke di Dinas Dukcapil foto copy Kartu Keluarga (KK) guna divalidasi kembali di Data Centre Pusat.... (dapat dikirimkan lewat WA 089697805654), terima kasih.


Pertanyaan oleh isnawati - isna.baharuddin@gmail.com
Selamat Siang Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati. E mail saya ini berisi Pengaduan sekaligus pertanyaan Saya warga Sulawesi Selatan namun berminat bermitra dengan teman saya yang telah membuka Perusahaan Distubutor di Tondano. Saya berniat akan joint (menambah modal/memperbesar usaha)teman saya, dan sebagai informasi saat ini Perusahaan teman saya memiliki karyawan 36 orang yang semuanya warga Minahasa. Ada 1 hal yg saat ini "sangat mengganggu keuangan" di Perusahaan yakni mengenai "RETRIBUSI PASAR & PARKIR" Sehari hari Perusahaan mengoperasikan 4 mobil box 6 Roda, 2 yang 6 Roda dan setiap hari jika saya mengantar ke Tondano, Tomohon dan Ratahan, mobil box dikenakaan biaya "Retribusi Pasar Rp. 30.000 - 35.000, malahan kadang kadang sampai 40.000. untuk 1 mobil Mobil tsb antar barang di Pusat Pertokoan (Bukan Pasar) tetap ditagih sebesar angka tersebut di atas. Contohnya : setiap hari Senin ada antaran ke toko Mimo Mart alamat jalan Sam Ratulangi (dekat pasar bawah Tondano), mereka ditagih Rp. 35.000 dengan "menggunakan retribusinya Pasar" namun jika hari senin tidak ketemu dengan "tukang tagih" maka pada hari selasa baru ketemu dengan " tukang tagih" tsb maka pengendara mobil box itu ditagih 2 x 35.000. Saya sudah bertanya langsung ke lapangan mengenai aturan di jalan Sam Ratulangi tsb, dinas perhubungan menunjukkan pada saya bahwa yang parkir dijalan tersbut jika 4 roda = 3.000 dan 6 roda = 4.000. Dan yang datang menagih ke jln Sam Ratulangi tersebut adalah "tukang tagih dari Pasar" Bukti bukti dokumen Retribusi saya bisa tunjukkan. Dari hal tsb di atas saya ingin bertanya : 1. Menurut Perda berapa biaya parkir yang dikenakan oleh mobil box jika antar barang.parkir di toko yang bukan area Pasar? 2. Menurut Perda, jika mengantar di Pasar berapa biaya yang dikenakan per mobil box? 3. Apakah ada retribusi terminal yang harus di bayar mobil box walaupun tidak masuk terminal atau hanya sekedar lewat saja? Ada salah satu karyawan yang menolak membayar namun dia di ancam akan dipukul jika ketemu. Akhirnya seluruh karyawan yang tugasnya mengantar karena takut dipukul. Jika kondisi seperti ini berjalan terus menerus dan mengancam keselamatan karyawan, maka jalan yang ditempuh oleh Perusahaan adalah menutup usahanya yang tentunya akan berdampak bertambahnya "penganguran" 36 orang. Besar harapan kami, kiranya Bapak sebagai Pimpinan tertinggi di Kabupaten Minahasa bisa memberikan "Rasa Aman" bagi Pengusaha beserta karyannya untuk tetap berusaha dan bekerja. Terima Kasih Hormat saya Isna Saya sudah sampaikan ke karyawan yang membawa mobil

Dijawab oleh Dinas Pedangangan

1. Bahwa retribusi pasar ,khusus kendaraan box yg melakukan bongkar muat barang dan atau menyalurkan barang di toko yg ada di wilayah pasar Tondano 1 dan 2 diatur dgn Perda no.1 thn 2012.
a. Mobil box kecil
10.000
b. Mobil box sedang 15.000.
c. Mobil box besar (6 roda ) 20.000.
2. Apabila ditemukan ada petugas yg menagih tidak sesuai ketentuan akan ditindak dan diberi sangsi sesuai ketentuan yg berlaku trimakasih.


Pertanyaan oleh sandi tilaar - tilaarsandi@gmail.com
Selamat malam pak bupati dan wakil bupati.Apakah bisa nama nama calon honor 2019 di umumkan di website ini agar masyarakat bisa melihanya .karena pengalaman tahun 2018 banyak tenaga honor yang hanya merugikan pemkab minahasa karena tidak tau kerja sama sekali .terima kasih
- belum ada jawab -
Pertanyaan oleh Livy Rangan - livyrangan@yahoo.com
Selamat siang Menurut info per 1 Januari 2019 BPJS kelas 3 sudah di tanggung pemerintah tapi setelah saya cek masih ada tagihan padahal saya sudah membayar lunas sampai bulan Desember 2018.. Tolong penjelasannya takutnya tidak dibayar terus mau digunakan di tolak oleh rumah sakit..

Dijawab oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat

1. Bagi peserta BPJS kelas 3 yang menunggak utk dicover dengan Jamkesda agar segera melapor ke Dinas Sosial untuk dimasukan dalam data based. Dengan catatan agar tunggakan harus tetap dibayar walaupun menyicil. Disarankan agar dapat mengikuti tabungan sehat di BRI maupun BNI untuk pelunasan tunggakan.
2. Bagi peserta BPJS kelas 3 mandiri sejak januari 2019 agar segera mengajukan pengalihan kepesertaan melalui dinas sosial dengan membawa surat keterangan pengalihan kepesertaan/surat keterangan penduduk miskin, KTP dan KK.
3. Bagi peserta BPJS mandiri kelas 3 yang masih membayar Januari 2019 agar segera menyampaikan pengalihan kepesertaan paling lambat tanggal 25 Januari 2019 melalui dinas sosial dengan membawa persyaratan yang sama.
4. Bagi yang belum masuk data based BPJS, maka yang sudah memiliki KTP dan KK agar segera melapor ke dinas sosial untuk mendapatlan rekom ke BPJS tapi bagi yang belum memiliki KTP dan KK agar mengurus terlebih dahulu KTP dan KK untuk selanjutnya menyampaikan kepada dinas sosial utk memperoleh rekomendasi dengan menyertakan Surat keterangan penduduk miskin


Pertanyaan oleh James Saragih - myfamily02012227@gmail.com
Bapak/Ibu yang saya hormati, saya warga Kalasey I/ Jaga II, Kec. Mandolang, membutuhkan informasi apakah Pemerintah Kabupaten Minahasa memiliki Program Beasiswa untuk Pascasarjana S2 tahun 2019? kalau ada apa syaratnya, dan dimana bisa mendapatkan akses informasinya?. saya sangat membutuhkan beasiswa untuk kelanjutan studi saya. Terimakasih dan Tuhan Yesus memberkati Bapak/Ibu.

Dijawab oleh Dinas Pendidikan kabupaten Minahasa

Pemkab Minahasa tahun 2019 telah memprogramkan  beasiswa  khusus Guru /Tenaga Kependidikan berprestasi yg bertugas di kab. Minahasa    dan sementara melanjutjan pendidikan S1, S2, S3 di perguruan tinggi yg sesuai dengan kompetensi bidang pendidikan. Persyaratan KTP, Kartu mahasiswa, surat keterangan aktif kuliah, Kartu Hasil Studi (KHS),  surat permohonan  bantuan studi lanjut di tanda tangani Guru/Mahasiswa di ketahui kepala sekolah/kepala UPT.


Pertanyaan oleh Irawan - irntuju@gmail.com
Admin yang saya hormati, mohon produk aturan daerah berupa Perbub/Perda ataupun berupa edaran dimuat dalam website ini
- belum ada jawab -
Pertanyaan oleh Livy - livyrangan@yahoo.com
Mo tanya tentang BPJS Torang punya BPJS mandiri kelas 3 menurut info kalau lunas sampe oktober per November Torang so nyanda mo ba bayar.. Mar sampe ini bulan Desember tetap masih ada tagihan .. Bagimana kang itu? Torang musti bayar ato nyanda? Soalnya bulan November Torang masih ba bayar karena pas mo pake di rumah sakit nda bisa pake karena belum bayar jadinya bulan November Torang bayar.. Mohon infonya supaya jelas dgn pasti.. Jangan Torang ada harap2 so nda ba bayar kage tagihan Somo Lebe banyak.. Makasih sebelumnya..

Dijawab oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat

Utk peserta BPJS kelas 3 aktif masih tetap membayar sampai Desember dan mulai 1 Januari 2019 sudah ditanggung Pemda. Sementara peserta BPJS kelas 3 menunggak sejak 1 Oktober sudah ditanggung Pemda dengan catatan tunggakan tetap harus dibayar oleh yang bersangkutan apakah melunasi keseluruhan tunggakan atau menyicil. Khusus yg menunggak sudah lebih dari 12 bulan maka yg dibayarkan hanya 12 bulan terakhir.Terima Kasih


Pertanyaan oleh Owen - owenlumenta@yahoo.com
Tanya, apa saja syarat-syarat berkas untuk mengurus lolos butuh pindah ke Pemkab Minahasa. apa saja surat2 yang harus saya siapkan untuk mendapatkan surat lolos butuh dari pemkab minahasa. Saya ingin mengabdi di minahasa. Terima kasih.

Dijawab oleh Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Minahasa

Permohonan Harus di ketahui  atasan langsung. DP3/SKP 2 thn terakhir.


Pertanyaan oleh Audi - audipoliton89@gmail.com
Kepada yang terhormat bupati dan wakil bupati minahasa mohon di tinjau kembali Plt kepsek SMPN 8 Satap Tondano menurut infomasi dari masyarakat kepsek tersebut perna terkena razia bersama suami orang di salah satu penginapan di wilayah tondano saat jam sekolah . terima kasih.
- belum ada jawab -
Pertanyaan oleh Riko - rikomangala@gmail.com
saya ingin bertanya berapa jumlah tenaga honor di minahasa ? apakah di tahun 2019 ada penerimaan dan apa apa saja syaratnya ! tetima kasih
- belum ada jawab -
Pertanyaan oleh Petra - michael_fish7@yahoo.com
Mau tanya, katanya untuk bpjs kelas 3 sudah terkaver 100% ..tapi kenapa masih banyak yg mengeluh belum dapat bpjs dari pemerintah..jadi sampai saat ini masih pakai yg mandiri..

Dijawab oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat

Utk peserta BPJS kelas 3 yaitu :
1. Yang menunggak sejak 1 Oktober sudah ditanggung Pemda tapi tunggakan tetap harus dibayar ybs walaupun menyicil. Tapi bukan berarti jika tunggakan belum dibayar tidak bisa dilayani di Rumah Sakit...tetap akan dilayani.
2. Utk peserta kelas 3 yang masih tetap membayar aktif sampai saat ini akan dianjurkan utk membayar sampai bulan Desember dan setelah 1 Januari 2019 akan ditanggung Pemda.


Pertanyaan oleh Ody - medy.9902@gmail.com
dimohon dukcapil minahasa untuk membuka call center dan website agar masyarakat dapat memberikan saran dan usul, dapat mengajukan pertanyaan, dapat mengecek KK dan NIk dll, atas perhatiannya disampaikan terima kasih

Dijawab oleh DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL

Untuk saat ini sementara diusahakan jaringan komunikasi dgn masyarakat, seiring dgn perangkat koneksi yg dibangun, saat ini silahkan menghubungi no HP. 082214143355 terima kasih.


Pertanyaan oleh ALFA NANDO LEMPOY - alfa.lempoy11@gmail.com
saya mau bertanya untuk E-KTP yang salah data (NIK tidak sesuai dengan yang terterah di Kartu Keluarga), apakah bisa langsung dirubah di DISDUKCAPIL MINAHASA tanpa harus minta keterangan di kelurahan/kepala desa? terima kasih

Dijawab oleh DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL

Utk penyesuaian NIK pada KTP dan Kartu Keluarga dapat langsung diurus ke Kantor Disdukcapil dgn membawa KTP dan KK.


Pertanyaan oleh Anggelina Prisilya Suak - apsuak5490@gmail.com
Tolong onlinekan data saya untuk pindah penduduk....

Dijawab oleh DINAS KEPENDUDUKAN CATATAN SIPIL

Sebenarnya utk data pindah penduduk setelah memperoleh SKPWNI sdh lsg terkirim melalui data center, tetapi mungkin waktu penarikan data di tempat tujuan, jaringan saat itu tidak baik sehingga tidak terkoneksi. Mungkin perlu dicoba lagi koneksinya ditempat tujuan. Jika masih off, tolong hub HP. 08124403356


Pertanyaan oleh Rio - rio@gmail.com
Saya mau bertanya mengenai prosedur pengurusan KTP yang hilang?

Dijawab oleh DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL

Untuk pengurusan bisa dilakukan di Kantor Capil terdekat dengan membawa rekomendasi dari Kades/Lurah setempat.