TNI AL Peduli Lingkungan-Masyarakat Kakas, Bupati-Wabup Angkat Jempol

TNI AL Peduli Lingkungan-Masyarakat Kakas, Bupati-Wabup Angkat Jempol

Kakas, 17 Juni 2017. Bupati Minahasa, Ir. Royke Octavian Roring, MSi dan Wakil Bupati, Robby Dondokambey, SSi menghadiri Seminar Pemberdayaan Ekonomi dan Kepedulian lingkungan di Kabupaten Minahasa dalam rangka mendukung Pembinaan Ketahanan Wilayah Tahun 2019 yang diselenggarakan di Desa Tasuka kecamatan Kakas Barat ole Markas Besar (Mabes) TNI Angkatan Laut (AL).

Selaian seminar pemberdayaan juga digelar bakti sosial lewat pengobatan gratis bagi masyarakat Minahasa. Dalam sambutanya Kadis Pembinaan Potensi Maritim Mabes AL, Brigjen TNI (MAR), Donar Philip Rompas mengatakan program ini merupakan wujud kepedulian TNI AL untuk ikut membantu program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi TNI.

Dalam acara tersebut Bupati Minahasa Royke Roring menjadi narasumber dalam pembahasan mengenai upaya Pemerintah Kabupaten Minahasa dalam pengelolaan Danau Tondano. Bupati memaparkan masalah-masalah pokok di kawasan Daerah Alusan Sungai (DAS) Danau Tondano dan sekitarnya, diantaranya pendangkalan danau (erosi), peningkatan volume sampah serta terganggunya sistem pengambilan air oleh PLTA. Bupati melanjutkan materinya dengan memaparkan langkah-langkah Pemerintah Kabupaten Minahasa dalam penanggulangan masalah tersebut dengan penyusunan dan penetapan rencana Tata Ruang Kawasan Konservasi dan Wisata Danau Tondano, peningkatan jalan lingkar danau, normalisasi sungai inlet dan outlet Danau Tondano, pembangunan tanggul pengaman keliling danau, pembangunan jogging track seputaran danau, pengadaan alat pengangkat eceng gondok, pembebasan lahan untuk bantaran danau, dan pengadaan kapal pembersih eceng gondok.

Menurut bupati program normalisasi penyelamatan Danau Tondano ini merupakan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Minahasa dan Pemerintah Pusat. Bupati juga mengatasnamakan Pemerintah Kabupaten Minahasa dan Rakyat Minahasa, Bupati dan Wakil Bupati Minahasa  memberikan penghargaan dan terimakasih kepada Mabes TNI Angkatan Laut lewat Dinas Pembinaan Potensi Maritim yang dipimpin Brigjen TNI Donar Rompas dan ditopang penuh oleh Komandan Lantamal VIII Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Moses Sipasulta MMAR, Stud, yang sedang melaksanakan kegiatan  pembinaan kewilayaan di wilayah Kakas dalam kepedulian lingkungan untuk Danau Tondano dan juga pelayanan kesehatan.

Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kabupaten Minahasa, James Rawung, SH, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa, Jeffry Korengkeng, SH, MSi, Wakapolres Minahasa, Kompol Alkat Karouw, SSos, Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Kolonel (Purn) Boyke Kambey, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulut, Ir. Marly Gumalag, MSi, Pimpinan Cabang BRI Tondano Taswin Tajudin, Para Asisten Sekdakab Minahasa, Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, camat, hukum tua dan masyarakat yang ada.(MinahasaCommandCentre)

Dipost Oleh Web Admin

RRRD Call Center

Tinggalkan Komentar